3 Wisata Budaya Paling Populer di Sumbar

0
170
jam gadang

Tempat wisata di Sumatera Barat merupakan salah satu tujuan wisata yang sangat populer di Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari potensi wisata Sumbar yang cukup lengkap, dimana hampir semua jenis objek wisata ada di wilayah yang beribukota Padang ini.

Mulai dari wisata alam yang beragam, seperti laut, pantai, gunung, danau, dan ngarai hingga potensi wisata lain yang sangat menarik digali lebih lanjut berupa fesival budaya yang mengangkat nilai-nilai teradisional Sumbar yang luhur.

Banyaknya detsinasi wisata yang bisa disambangi saat liburan tentu memberikan keuntungan tersendiri bagi para wisatawan. Selain leluasa merencanakan liburan dengan objek wisata favorit, wisatawan juga bisa memilih jenis kegiatan wisata yang akan dilakukan, menikmati keindahan alam, melakukan kegiatan seru, menyaksikan berbagai macam atraksi budaya hingga mengeksplorasi beberapa sudut kota yang penuh dengan sejarah.

Sumatera Barat kaya akan obyek wisata, bahkan di akhir tahun 2012 Nagari Pariangan, salah satu desa di Tanah Datar, termasuk dalam daftar desa terindah di dunia versi Budget Travel, bersanding dengan beberapa desa lainnya dari Swiss, Perancis, Ceko dan Kanada.

Keindahan desa bukan hanya diukur dari pesona alam yang masih asri saja, tetapi keunikan desa dengan gaya arsitektur kuno yang masih lestari hingga saat ini merupakan penilaian tambahan hingga sejajar dengan desa di belahan dunia lainnya.

Jadi penasaran kan untuk mengunjungi salah satu desa terindah di dunia ini? Berikut 3 rekomendasi tempat wisata paling populer di Sumatera Barat yang sedang hits dikunjungi Wisatawan:

  1. Jenjang Seribu

    jenjang seribuJika di China ada Tembok Raksasa China yang melegenda, maka di Sumbar ada Jenjang Seribu, tepatnya di Kota Bukit Tinggi dan Kabupaten Agam.

    Dengan panjang mencapai kurang lebih 1 Km, perjalanan menempuh tangga Jenjang Seribu akan semakin berkesan dengan panorama di sekitarnya yang menakjubkan.

    Di lokasi ini para wisatawan bisa menyaksikan keindahan Ngarai Sianok, Dinding Tebing dan juga pemandangan sawah menghijau dengan udara yang menyegarkan.

    Lokasi: kota Bukittinggi, di kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

  2. Jam Gadang

     

    jam gadang
    Jam Gadang merupakan salah satu ikon pariwisata Sumbar yang unik dan khas. Jam ini memiliki nilai historis yang tinggi karena sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda.

    Dengan ukuran 13×4 meter dan tinggi mencapai 26 meter, Jam Gadang memiliki keunikan tersendiri dengan bentuk angkanya yang tidak lazim. Dimana pada angka 4 yang biasa ditulis dengan simbol IV justru ditulis IIII.

    Selain menyaksikan keunikan jam Gadang dan berfoto ria, kamu juga bisa mampir ke Pasar Bukit Tinggi yang berada tidak jauh dari lokasi ini.

    Lokasi: Pusat kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia.

  3. Danau Maninjau

    danau maninjau
    Danau ini menyajikan pemandangan alam yang begitu menakjubkan keindahannya. Danau terbesar ke-2 di Sumatera Barat ini terbentuk dari letusan gunung berapi. Dengan suasana alam yang masih asri dan sejuk, danau ini sangat cocok untuk mengisi agenda liburan bagi wisatawan yang berburu ketenangan.

    Lokasi: Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.