5 Museum di Sumatera Barat yang Menjadi Wisata Sejarah

0
87
Museum Adityawarman

Sumatera Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia dengan Padang sebagai ibu kotanya. Sesuai dengan namanya, wilayah provinsi ini menempati sepanjang pesisir barat Sumatera bagian tengah dan sejumlah pulau di lepas pantainya seperti Kepulauan Mentawai.

Ciri khas Sumatera Barat terletak pada atap yang konon mengambil simbol tanduk kerbau. Dengan segala keunikan dan cerita yang dimiliki, Sumbar tidak berhenti memesona siapa pun yang mengunjungi.

Peninggalan sejarah merupakan salah satu petunjuk untuk mengetahui perikehidupan dan peradaban di masa lalu. Kita juga dapat mengurai suatu peristiwa dari jejak-jejak sejarah ini. Berbagai bentuk peninggalan ini terpelihara dalam suatu kawasan yang disebut situs. Benda-benda sejarah ini ada yang masih utuh terpelihara, tetapi banyak pula yang sudah terlupakan.

Nah, bagi kamu yang sedang liburan di Sumatera Barat, kami punya rekomendasi museum yang wajib kamu kunjungi nih. Penasaran? Yuk kita cek!

1. Museum Adityawarman

Museum Adityawarman

Berlokasi di ibukota Provinsi Sumbar, Museum Adityawarman di desain dengan arsitektur khas Minangkabau. Berbagai koleksi tentang kebudayaan Minangkabau di pajang di museum ini. Mulai dari pernak-pernik khas Minang, diorama, hingga berbagai peninggalan sejarah Minangkabau. Bagi kamu yang sedang di Kota Padang wajib banget mampir nih.

 

2. Museum rumah kelahiran Bung Hatta

Museum rumah kelahiran Bung Hatta

Siapa yang tak kenal dengan sosok bapak proklamator ini. Tak hanya menjadi kebanggaan masyarakat Minang, Bung Hatta adalah sosok yang menginspirasi semua rakyat Indonesia. Bagi kamu yang mengidolakan beliau wajib banget nih mengunjungi museum rumah kelahirannya di Kota Bukittinggi. Meski bangunannya adalah replika, namun perabot yang terdapat di dalamnya merupakan perabotan asli peninggalan keluarga Bung Hatta.

 

3. Museum Goedang Ransoem

Artikel Terkait  Benteng Van der Capellen

Museum Goedang Ransoem

Terletak di Kota Sawahlunto, museum ini menjadi bukti bahwa Belanda pernah menjajah kota penghasil batu bara ini. Gedung Museum Goedang Ransoem ini pada mulanya adalah dapur umum bagi pekerja tambang. Disini kamu dapat melihat berbagai koleksi peralatan dapur yang digunakan pada saat itu. Dan uniknya lagi peralatan tersebut kebanyakan berukuran raksasa. Nah, selain itu tak jauh dari museum ini kamu juga dapat berkujung ke Museum Tambang. Wah, menarik sekali bukan?

 

4. Museum Tuanku Imam Bonjol

Museum Tuanku Imam Bonjol

Mungkin kamu sudah tak asing lagi dengan nama Tuanku Imam Bonjol. Museum iniĀ  berlokais di Bonjo, Kabupaten Pasaman. Bangunan dua lantai ini berisi berbagai barang-barang pribadi Tuanku Imam Bonjol. Seperti meriam, tombak dan pedang yang dipakai masa perperangan, lukisan-lukisan dan silsilah dari keluarga Tuanku Imam Bonjol. Namun, pedang-pedang di sini hanya replika. Dan uniknya lagi, museum ini tepat berada di garis nol derajat khatulistiwa Indonesia.

 

5. Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka

Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka

Terletak di tepian Danau Maninjau, museum ini menampilkan banyak sekali barang pribadiĀ  milik Buya Hamka. Selain terdapat berbagai koleksi pribadi Buya Hamka, di dalam museum juga terdapat ruang baca yang diisi dengan buku-buku karya sang ulama dan pujangga ini. Kamu bisa lho membaca buku-buku tersebut. Wah, kapan lagi membaca buku karya Buya Hamka di rumah kelahirannya? Tertarik mengunjungi museum penulis Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck ini?

Bagi kamu yang sedang berlibur di Sumatera Barat tak ada salahnya mengunjungi museum-museum yang memilki sejarah dan keunikan tersendiri ini. Tak hanya menghilangkan penat, liburanmu pun jadi lebih bermanfaat sambil belajar sejarah. Tunggu apa lagi, yuk liburan ke museum.

Artikel Terkait  5 Tempat Wisata Kuliner Batam Paling Populer

Source: IDN Times Travel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.