7 Makanan Khas Riau Yang Terkenal Enak

0
72
gulai ikan patin

Sebagai salah satu wilayah yang berada di Pulau Sumatera, Riau menyimpan beragam makanan khas Riau yang enak dan lezat. Kuliner dari Riau ini juga bervariasi, ada yang menggunakan bahan dasar olahan laut hingga beragam jenis kuliner lainnya.

Pada kesempatan kali ini NegeriTua akan berbagi makanan khas riau yang terkenal enak dan mungkin dari sebagian kalian sudah mencicipi makanan khas-nya. Nah bagi yang belum pernah mencicipi makanan khas riau tentu ini bisa menjadi referensi, yuk simak selengkapnya di bawah ini.

1. Gulai Ikan Patin

gulai ikan patin

Gulai ikan patin merupakan makanan asli Riau yang sangat terkenal. Nama makanan tersebut adalah gulai ikan patin. Di Pekanbaru makanan ini tidak pernah sepi pengunjung. Gulai ikan patin memiliki cita rasa yang sangat lezat sehingga bisa membuat lidah kamu tak henti bergoyang. Kamu bisa menjumpai menu gulai ikan patin ini dengan mudah diberbagai restoran yang tersebar di Pekanbaru.

Gulai ikan batin merupakan jenis kuliner yang memiliki kuah berwarna kuning pekat untuk merendam potongan ikan tersebut. Warga riau kebanyakan tidak hanya mengonsumsi ikan patin saja melainkan akan diolah menjadi beragam jenis masakan.

 

2. Nasi Lemek Khas Riau

 Nasi Lemek Khas Riau

Nasi lemek bisa juga ditemukan dibeberapa wilayah seperti Malaysia, Brunai Darussalam serta Singapura. Nasi Lemek banyak disajikan sebagai menu sarapan masyarakat melayu. Nasi Lemek merupakan kuliner dengan menggunakan bahan utama berupa nasi yang diolah bersama campuran santan kelapa serta daun pandan untuk memberikan rasa yang gurih serta aroma yang harum.

Nasi Lemek ini kerap disajikan bersama dengan campuran lauk pauk seperti telur, sambal, ikan teri goreng, cabai serta irisan mentimun. Dengan adanya lauk pendamping maka banyak juga nasi lemek yang disajikan bersamaan dengan tempe, kacang panjang, tahu, sate, kacang tanah, cumi-cumi, daging, ikan, kerang, pertanian serta limpa.

Artikel Terkait  Tempat Wisata dan Kuliner di Bukittinggi

 

3.Sup Tunjang Riau

 Sup Tunjang Riau

Dinginnya kota Pekanbaru akan terasa panas dengan kehadiran sup tunjang. Sup tunjang ini adalah jenis makanan dari Riau yang memiliki kuah hangat. Saat cuaca sedang dingin-dinginnya maka sangat nikmat rasanya menyantap satu porsi nasi hangat dengan sup tunjang.

Sup tunjang memiliki ciri khas yaitu menggunakan bahan dasar berupa tulang kaki sapi yang masih ada dagingnya. Tulang kaki sapi ini kemudian direndam dalam kuah bening berwarna kuning dan tambahan beberapa bahan pelengkap seperti irisan kentang, tomat, wortel dan daun bawang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.