Benteng Bukit Tajadi (Benteng Tuanku Imam Bonjol)

0
329

Benteng ini terletak di atas bukit. Untuk mencapainya ditempuh melalui jalan di belakang Kantor Wali Nagari Ganggo Hilir, Jalan Pasar Ganggo Hilir no. 7, Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman, Provinsi Sumatera Barat. Benteng ini berupa bukit yang oleh masyarakat disebut sebagai Bukit Tajadi. Di sepanjang jalan menuju lokasi benteng terdapat beberapa makam, di antaranya adalah makam Inyiak Son Sangbulu yang merupakan pengikut Tuanku Imam Bonjol.

Benteng pertahanan Imam Bonjol hanya berupa sebuah bukit yang berfungsi untuk mengawasi daerah sekitarnya (Bonjol). Melalui bukit tersebut pandangan akan leluasa mengawasi daerah Bonjol dan sekitarnya. Di lokasi tersebut tidak ditemukan struktur bangunan yang mengindikasikan sebuah bangunan pertahanan. Pada masa belakangan di lokasi benteng berada didirikan monumen untuk mengenang perjuangan Tuanku Imam Bonjol. Pada bagian puncak dari Benteng Bukit Takjadi tersebut dibangun sebuah tugu berwarna putih yang terlihat dari jalan raya.

Tidak jauh dari lokasi benteng Bukit Takjadi terdapat lokasi dengan lubang-lubang kecil di permukaan tanah sebagai sisa tungku yang dipercaya merupakan bagian dari dapur yang digunakan pada masa perjuangan Tuanku Imam Bonjol.

Dari tahun 1835 sampai tahun 1837 Benteng Bukit Tajadi baru jatuh ke tangan Kompeni Belanda dengan sekutunya, pada tanggal tanggal 15 Agustus 1837, dan pada tanggal 16 Agustus 1837 benteng Bonjol secara keseluruhan dapat ditaklukkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.