Benteng Van der Capellen

0
193

Benteng ini terletak di Kampung Baru Nagari Baringin, Lima Kaum, Tanah Datar, Sumatera Barat. Perjalanan dari kota Padang Panjang sampai di benteng ini memerlukan waktu sekitar 40 menit.

Awalnya benteng ini dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda pada 1822. Tujuan pembangunan benteng ini adalah sebagai tempat pertahanan dari serangan musuh pada saat terjadi Perang Paderi.

Pada tahun 1821 awalnya terjadi peperangan antara Kaum Adat dan Kaum Agama. Pada saat itu, kaum Agama ingin mengubah akhlak Kaum Adat yang rusak dan bertentangan dengan ajaran agama.

Tetapi hal ini ditentang oleh kaum adat. Akhirnya kedua kelompok ini pun mengalami konflik dan Kaum Adat kemudian minta bantuan pada pasukan Kolonial Belanda yang pada saat itu telah menduduki Padang.

Pihak Belanda pun bersedia membantu dengan mengajukan beberapa perjanjuan lebih dulu yang isinya antara lain kepala penghulu menyerahkan kekuasaanya pada pemerintah Belanda dan tidak melawan Belanda. Setelah perjanjian tersebut, pasukan Belanda di bawah pimpinan Kolonel Raff menuju ke tanah datar dan menyerang rakyat di sana.

Pasukan Belanda kemudian membangun benteng permanen di Batusangkar. Bangunan benteng dibangun di atas lahan seluas 8880 meter persegi dengan luas bangunan sekitar 22 meter persegi dengan ketebalan dinding 75 cm.

Benteng ini diberi nama Van Der Capellen. Nama ini disesuaikan dengan nama Gubernur Jenderal Belanda yang pada saat itu memimpin yakni Van Der Capellen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.