Oleh Oleh Khas Pekanbaru Terpopuler : Ikan Salai

0
90
ikan salai

Ikan Salai adalah ikan asap yang diolah secara tradisional ini memiliki berbagai ukuran. Bagi pemudik kalau melintas di kawasan Lumpatan-Bailangu mata akan melihat berjejer rapi pondok-pondok yang menjual ikan Salai tersebut. Ikan yang diolah pun berasal dari berbagai macam ikan khas Sekayu yakni diataranya Salai Patin dan Salai Baung.

gambar ikan salai

Makanan ini merupakan salah satu oleh-oleh khas Pekanbaru. Beberapa jenis ikan dapat diproses menjadi salai, seperti ikan selais, baung, pantau, nila, patin, semilang, dll. Produk ikan asap itu telah dikenal luas oleh masyarakat karena memiliki rasa yang lezat dan gurih.

Jenis yang paling laris adalah selais, ada yang ukuran besar dan juga kecil. Ukuran besar cocok untuk dimasak gulai sedangkan ukuran kecil cocok untuk digoreng.

Proses pembuatannya terbilang rumit, karena bahan baku berupa ikan mentah yang sudah dibersihkan harus diasapi dengan api bernyala kecil sehingga akan kering selama tiga hari.

Selama pengasapan, ikan tidak boleh diberi garam atau bahan penyedap lainnya, agar rasa gurih keluar dengan sendirinya berkat proses pengasan tersebut.

“Bahan baku ikan yang digunakan harus yang masih hidup, agar tetap segar dan enak rasanya setelah diasapi. Jika menggunakan ikan yang sudah mati, biasanya baunya menjadi tidak enak dan teksturnya agak terberai.” ujar salah seorang pengusaha oleh-oleh tersebut.

Artikel Terkait  5 Tempat Belanja Ikonik di Batam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.