Wisata Alam yang Berada di Propinsi Riau

0
184

Wisata Alam yang berada di propinsi Riau, pulau Sumatera.

Provinsi Riau memiliki bermacam-macam pariwisata alam seperti Air Terjun diantaranya: yaitu :

  1. Air Terjun 86 – Indragiri Hilir
  2. Air Terjun Aek Martua – Rokan Hulu
  3. Air Terjun Alahan – Kampar
  4. Air Terjun Delapan Tingkat (Lembah Gemuruh)
  5. Air Terjun Granit – Indragiri Hulu
  6. Air Terjun Guruh Gemurai – Kuantan Singingi
  7. Air Terjun Merangin – Kampar
  8. Air Terjun Pangkalan Kapas – Kampar
  9. Air Terjun Tembulun Rusa – Indragiri Hilir
  10. Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban – Kuantan Singingi


Pulau Jemur yang berada di propinsi Riau pulau Sumatera
Terletak kurang lebih sekitar 45 mil dari pusat ibukota Kabupaten Rokan Hilir, Bagansiapiapi, dan berjarak sekitar 45 mil dari negara tetangga yakni negara Malaysia, selain itu propinsi Sumatera Utara merupakan propinsi yang terdekat dengan Pulau Jemur.

Pulau Jemur sebenarnya merupakan sebuah gugusan pulau-pulau yang terdiri dari beberapa buah pulau antara lain yaitu, pulau Tekong Emas, pulau Tekong Simbang, pulau Labuhan Bilik serta di kelilingi pulau-pulau kecil lainnya. Pulau-pulau yang terdapat di pulau Jemur ini memiliki bentuk lingkaran sehingga di bagian tengahnya menjadi sebuah laut yang tenang.

Pada saat musim angin barat laut tiba, gelombang laut yang ada di Selat Malaka sangat besar, dan biasanya para nelayan-nelayan setempat yang sedang melaut berlindung di bagian tengah dari pulau Jemur, karena air laut pada kawasan tersebut relatif tenang. Setelah gelombang laut sudah mulai mengecil atau badai berkurang barulah para nelayan kembali keluar untuk memulai lagi aktivitas untuk menangkap ikan.

Pulau Jemur ini mempunyai pemandangan dan panorama alam yang sangat indah, selain itu Pulau Jemur ini juga amat kaya dengan hasil lautnya, dan pulau ini sering dimanfaatkan oleh para penyu untuk menyimpan telur-telurnya di bawah lapisan pasir-pasir yang berada di pantai. Selain itu di pulau Jemur juga terdapat beberapa potensi pariwisata yang lain diantaranya adalah Goa Jepang, Mercusuar, sisa-sisa pertahanan Jepang, batu Panglima Layar, taman laut dan pantai berpasir kuning emas.

Artikel Terkait  Legenda Putri Tujuh (RIAU)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.