Wisata Budaya Pulau Samosir

0
153

Makam Raja Sidabutar, berada di Tomok, makam yang terbuat dari batu utuh tanpa persambungan yang dipahat untuk tempat peristirahatan Raja Sidabutar pengusa kawasan Tomok pada masa itu.

Batu Parsidangan, berada di desa Siallagan adalah batu yang disusun sedemikian pada masa pemerintahan Raja Siallagan untuk tempat mengadili dan mengeksekusi para kriminal.

Museum Huta Bolon, tempat penyimpanan benda-benda kuno orang Batak

Mempersoalkan potensi wisata alam Samosir tampaknya tidak akan pernah habis. Hal ini karena potensi alam yang dimiliki memang sangat banyak terutama soal keindahan alam dan tempat wisata yang mengandung sejarah.

Dan salah satu obyek wisata sejarah adalah Puncak Gunung Pusuk Buhit. Gunung tersebut memiliki ketinggian berkisar 1.800 mdpl dan ditumbuhi berbagai jenis pepohonan. Di atas puncak gunung Pusuk Buhit juga ada sebuah tempat persembahan yaitu Batu Sawan. Dpercayai oleh masyarakat Batak di tempat itulah konon orang Batak diturunkan.

Dahulu kala menurut kepercayaan masyarakat Batak di Gunung Pusuk Buhitlah untuk yang pertama kalinya Sang Pencipta Alam Semesta menurunkan orang Batak. Sering oleh Suku Batak disebut sebagai Mula Jadi Nabolon. Pada abad XII keturunan pertama Orang Batak yang bernama Siraja Batak singgah di wilayah Samosir. Siraja Batak memiliki anak yang bernama Guru Tatea Bulan dan Raja Isumbaon. Menurut garis keturunan suku Batak Guru Tatea Bulan juga merupakan leluhur tua dari Raja Sisingamangaraja. Jadi sangatlah wajar kalau sampai saat ini kawasan Gunung Pusuk Buhit masih dianggap keramat. Kawasan itu menjadi salah satu objek tujuan wisata yang memiliki cerita sejarah bagi orang Batak hingga saat ini.

Membicarakan potensi wisata Samosir memang tidak akan terasa puas bila kita tidak langsung datang dan menginjakkan kaki kita ke Pulau Samosir . Hal ini wajar karena potensi-potensi wisata di sana sangat banyak terutama keindahan alamnya. Bila dipadukan dengan cerita sejarah, boleh dibilang daerah ini adalah salah satu lumbung cerita sejarah yang dapat menemani perjalanan wisata Anda. Dari sekian banyak yang dapat dinikmati misalnya Batu Hobon, Sopo Guru Tatea Bulan, Perkampungan Siraja Batak, Pusuk Buhit, dan lainnya.

Di atas perbukitan ini kita dapat melihat secara langsung panorama yang memang sangat indah tersaji. Sebagai wisatawan yang baru pertama berkunjung ke sana pastilah orang akan tertegun sejenak. Selain kita dapat melihat dengan leluasa sebagian besar kawasan perairan Danau Toba, sekaligus terlihat juga Pulau Samosirnya. Selain lereng perbukitan pengunjung juga dapat menikmati panorama perkampungan. Kampung-kampung itu berada di antara lembah-lembah perbukitan, misalnya perkampungan Sagala, Perkampungan Hutaginjang yang membentang luas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.